logo safety first Indonesia

PT Safety First Indonesia

Macam - Macam Permit To Work atau Surat Izin Kerja di Tempat Kerja

 

Teman Safety sudah tahu belum tentang macam - macam Permit To Work atau Surat Izin Kerja di Tempat Kerja, kali ini kita mengulas satu persatu tentang permit to work dalam artikel ini ya. dan di PT Safety First Indonesia juga mengadakan pelatihan bagi Teman Safety di dunia HSE langsung saja disini Pelatihan HSE Terbaik.

langsung saja kita ulas satu persatu mulai dari pengertian Permit To Work atau Surat Izin Kerja

Work permit / Permit to Work atau izin kerja mengacu pada sistem manajemen yang digunakan untuk memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan aman dan efisien. Work pemit ini mempunyai tujuan untuk menyatakan bahwa kondisi tempat dimana pekerjaan akan dilakukan sudah safety dan juga diketahui identifikasi bahaya tahap awal serta tindakan-tindakan pencegahan yang dilakukan oleh pekerja serta peralatan pekerja yang meraka gunakan.

Macam-macam Permit to Work

Work permit ada beberapa macam misalnya izin kerja panas (Hot Work Permit), izin kerja dingin (Cold Work Permit), izin kerja memasuki ruang terbatas (Confined Space Entry Permit), Izin kerja penggalian, Izin kerja listrik, izin kerja radiografi, dan izin bekerja di atas ketinggian.

Hot Work Permit

Surat izin kerja panas diperlukan untuk setiap jenis pekerjaan yang berkaitan dengan penggunaan sumber penyalaan yang dapat menyalakan bahan yang mudah terbakar. Surat ijin ini diberikan untuk pekerjaan yang memerlukan api terbuka atau bunga api. 

Secara definisi, Hot Work Permit adalah setiap aktivitas atau pekerjaan yang bersifat sementara atau permanen yang melibatkan api terbuka (open-flame) atau menghasilkan permukaan panas dan/atau menghasilkan bunga api yang mempunyai energi cukup untuk mampu menyulut atau memulai kebakaran atau ledakan. Hot work ini termasuk, tapi tidak terbatas pada:

  • Penggunaan api terbuka
  • Patri (brazing)
  • Las Listrik, Las Gas/Karbit (Oxy-Fuel Welding) 
  • Pemotongan (torch cutting)
  • Grinding
  • Soldering
  • Torch-applied roofing
  • Pengoperasian peralatan penghasil panas, contoh Heat gun

Semua kebakaran dan ledakan yang diakibatkan oleh Hot Work dapat dicegah selama impelementasi manajemen Hot Work nya dilakukan dengan benar dan berkomitmen. Ketika dilakukan dengan benar maka sumber panas hasil dari aktivitas Hot work tidak akan kontak dengan bahan bakar seperti cairan mudah terbakar maupun debu mudah terbakar.

Cold Work Permit

Surat izin kerja dingin diperlukan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi, perawatan, perbaikan yang sifatnya tidak rutin dengan ketentuan bahwa dalam pekerjaan tersebut. dan tidak menggunakan peralatan yang dapat menimbulkan api terbuka atau sumber nyala. Contohnya pengecatan, pekerjaan bangunan, dan pekerjaan sipil.

Entry Permit

Surat izin kerja memasuki ruang terbatas ini diperlukan apabila seseorang baik seluruh atau sebagian tubuhnya harus masuk ke dalam ruangan terbatas, pekerjaan ini meliputi sebagai berikut Memasuki tangki, vessel, separator dan memasuki sewer, bak (pit), lubang galian dengan kedalaman lebih dari 1,3 meter.

Excavation Permit

Surat izin kerja penggalian diperlukan untuk melakukan setiap pekerjaan penggalian, pembuatan saluran atau pekerjaan pekerjaan penggalian yang membahayakan pipa bawah tanah, kabel listrik, kabel telepon dan lain sebagainya. contoh perbaikan atau pemasangan pipa, perbaikan kabel listrik/telepon, jaringan fiber optic, pemancangan.

Electric Work Permit

Surat izin pekerjaan listrik/instrumen diperlukan untuk melakukan setiap pekerjaan yang berkaitan dengan sistem kelistrikan atau instrumen yang diperkirakan mempunyai resiko bahaya sengatan listrik, contoh perbaikan atau pemasangan kontaktor, peralatan kontrol, relay panel, power supply, electric heater.

Radiography Permit

Surat izin pekerjaan radiografi diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan penggunaan peralatan x-ray atau sumber zat radio aktif seperti pada pekerjaan non destructive testing.

 

Demikian macam - macam Permit To Work atau Surat Izin Kerja di tempat kerja yang telah mimin SFI, nah bagi Teman Safety yang ingin mendalami ilmu dibidang Safety bisa banget lho klik saja Pelatihan Ahli K3 Terbaik atau Hubungi via Whatsapp 0822 - 4111 - 2918 selama pelatihan akan membahas lebih detail dangan para expert HSE juga dapat menambah Relasi pertemanan.

Safety Is My Life

PT SAFETY FIRST INDONESIA